Contoh Surat Pribadi Yang Baik dan Benar

Surat pribadi merupakan surat yang ditujukan kepada perseorangan, baik kepada sesama anggota keluarga, teman, atau pun pihak lain nya. Surat pribadi ini biasa nya di dalam nya berisi pesan – pesan pribadi, menanyakan kabar, atau pun lain nya. 

Surat pribadi ini termasuk surat yang tidak resmi, sehingga tidak memiliki kop surat atau pun nomor surat dan aturan – aturan baku lain nya. Surat ini juga biasa nya dikenal lebih santai dalam isi nya dan tidak terpaku pada aturan – aturan tertentu lain nya. 

Surat pribadi ini merupakan surat yang terbilang mudah untuk dibuat, karena tidak memiliki aturan baku di dalam pembuatan nya. Namun kadang banyak orang yang bingung bagaimana cara membuat surat pribadi yang baik dan benar. 

Berikut ini terdapat beberapa contoh surat pribadi yang baik dan benar, yang ditujukan untuk keluarga, sahabat, atau lain nya. Surat pribadi ini cukup mudah dalam pembuatan nya. Untuk lebih jelas nya, mari kita simak beberapa contoh di bawah ini : 



Contoh Surat Pribadi I 


Sekolah Menengah Pertama Negeri 30
Jalan Veteran Nomor 102 Makassar 

15 Januari 2017
Hal: Ucapan Terima Kasih
Yth. Pimpinan Museum Hasanuddin
Makassar 

Dengan hormat,
Kami mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan dan layanan pihak Museum Hasanuddin Makassar kepada siswa SMPN 30 untuk kegiatan karya wisata minggu lalu. Kami sangat berterima kasih atas waktu dan kesabaran menjawab semua pertanyaan siswa kami, dan kesibukan atas kunjungan kami.
untuk itu kami menyatakan bahwa keluarga besar SMPN 30 merasa puas atas kunjungan ke Museum Hasanuddin Makassar. Semoga kerja sama yang baik ini dapat dilanjutkan di waktu mendatang. 

Hormat kami,
Kepala Sekolah 



Diah Ayu, S.Pd. 

Contoh Surat Pribadi II 


Yang terhormat, Bu Sherina. 


Nama saya Wilson, salah satu murid di kelas Matematika anda. Saya menuliskan surat ini karena ingin menyampaikan apresiasi dan terimakasih sebesar – besarnya karena anda telah memberiku cara belajar Matematika dengan cara yang hebat. 


Salam hangat, 



Wilson, Kelas 6. 

Contoh Surat Pribadi III 


Untuk Keluargaku Tercinta
di tempat 

Assalamualaikum wr. wb
Hai Ayah, ibu dan kakak-kakakku yang cantik, bagaimana kabar kalian semua. Ari harap semua dalam keadaan yang sehat ya. Ayah, apa ibu masih suka batuk-batuk? Jika masih, jangan terlalu lelah lagi ya ibu. 

Sebenarnya tujuan Ari mengirim surat ini karena ada kabar gembira, jadi rasanya tidak lengkap jika tidak Ari sampaikan kepada Ayah, ibu dan kakak-kakakku yang cantik dirumah. Alhamdulillah skripsi Ari sudah kelar, jadi bulan depan InsyaAllah sudah bisa sidang, dan beberapa bulan kedepan sudah bisa wisuda. Ari sudah sangat merindukan kalian semua, terutama sama Ibu Doakan supaya semuanya lancar ya biar kita bisa segera berkumpul lagi sama-sama. 

Sekian dulu ya surat dari Ari. 

Anakmu 




Ari 

Contoh Surat Pribadi IV 


Semarang, 15 Juni 1990 

Untuk sahabtku tersayang
di Bandar Lampung 

Assalamuaialkum . . 

Hay Santi, Alhamduliliah aku baik-baik saja di sini. Dan aku bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kau benar sudah lama kita tidak bertemu lagi. Pasti dong aku bertambah tinggi, hehe. Aku sudah tidak sabar untuk bertemu denganmu. Aku sangat yakin kalau kamu semakin cantik sekarang. Mengenai kehidupanku di sini, aku sangat betah tinggal di sini. Namun tau tidak? pada awalnya aku sulit beradapatasi dengan dinginnya cuaca Semarang, tak heran mereka menyebutnya sebagai kota hujan karena hampir setiap hari hujan turun di Semarang. 

Aku juga merindukanmu. Aku kangen suasana di kampung dan semua teman-teman di sana. Bahkan semalam aku bermimipi kita sedang main bersama kembali hhee. Oh iya, aku punya kabar bagus buatmu. Kalau aku sudah diterima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasiswa di jurusan pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia melalui jalur prestasi. Aku berkompetisi dengan hampir 500 pendaftar dan aku bersyukur bisa menjadi peserta yang diterima. Oleh karena itu, kamu harus termotivasi juga untuk masuk di Universitas yang kau bilang terbaik ini. 

Belajar yang giat dan jangan lupa berdoa kepada tuhan agar kau diberikan kemudahan. Aku juga akan mendoakanmu disini. Aku tunggu kamu di Universitas Indonesia ya? Semangat. 

Saya kira cukup sampai di sini suratku untuk mu. Mamah, papah dan Adek Ani menitip salam kepadamu. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. 

Wassalamuaalikum . . 

Sahabatmu, 



ttd
Anissa 




Itulah beberapa contoh surat pribadi yang baik dan benar untuk keluarga, kerabat, atau pun lain nya. Anda dapat mengganti beberapa format dan juga isi surat yang ada di atas sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Cukup mudah bukan membuat surat pribadi ? Selamat Mencoba J

0 Response to "Contoh Surat Pribadi Yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel