Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Yang Baik dan Benar

Surat pribadi merupakan surat yang ditujukan untuk pihak tertentu secara personal. Surat pribadi ini berbeda dengan surat dinas atau pun surat resmi lain nya. Unsur – unsur di dalam surat tersebut juga berbeda, biasa nya dalam surat pribadi terdapat bagian – bagian yang terdiri daribagian pendahuluan, bagian isi, lalu bagian penutup sebagai akhir nya. 

Sistematika dalam penulisan surat pribadi yaitu sebagai berikut : 
· Tanggal dan tempat surat dibuat 
· Alamat tujuan surat 
· Salam pembuka di awal surat 
· Pembuka surat 
· Isu surat pribadi 
· Penutup surat 
· Salam penutup, dan 
· Nama pengirim dan juga tanda tangan pengirim 

Selain sistematika tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat surat pribadi, misalnya cantumkan kota tempat anda menulis surat dan diletakkan di bagian kanan atas bersamaan dengan tanggal, bulan dan juga tahun nya. Karena surat pribadi, anda dapat menggunakan kata sapaan seperti misal nya hai, halo, dan lain nya. 

Berikut ini adalah contoh surat pribadi untuk sahabat yang baik dan benar : 




Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Yang Baik dan Benar I 


Jakarta, 9 Mei 2011
Teruntuk Azria Husna 
Di tempat


Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo Zia, apa kabar? Sudah lama kita tidak bertemu, ya. Semenjak lulus SD, tidak ada kesempatan lagi untuk bertemu. Fi, bagaimana keadaanmu di SMP Negeri 155? Apakah kamu senang bersekolah di sana? Ya, di sana banyak teman kita. 

Alhamdullillah, aku di SMP Negeri 115. Aku amat senang! Walaupun hanya tiga orang dari sekolah kita yang berhasil masuk Smabel. Tapi, di sini aku banyak mendapat teman baru yang amat baik dan juga kakak-kakak kelas yang sayang pada adiknya. Apalagi dengan kakak-kakak OSIS dan MPK. Wah, aku kagum sekali dengan Alyssa Haula Syaqilla! Kalau kamu mau mendengar pengalaman ku selama di Smabel, kamu boleh menanyakannya kepadaku. Atau, main saja ke rumahku. 

Ngomong-ngomong, aku sangat rindu pada SD kita dan teman-teman kita waktu SD. Apakah ada acara pertemuan atau reuni angkatan 31? Kalau tidak ada, kita buat acara sendiri saja, yuk. Undang teman-teman kelas 6A. Mumpung bulan Juni nanti banyak waktu liburan. Oh, iya kak Kahlil angkatan 30 yang pintar itu mencalonkan diri sebagai ketua OSIS lho!
Sekian dulu, ya! Sampai jumpa! 


Sahabatmu, 




Afifah Wardah 








Demikian contoh surat pribadi untuk sahabat yang baik dan benar. Contoh di atas dapat anda jadikan salah satu referensi dalam pembuatan surat anda. Surat pribadi ini bukanlah surat formal atau pun resmi, sehingga tidak membutuhkan kop atau pun nomor surat. Isi nya pun dapat anda sesuaikan dengan apa yang ingin anda sampaikan.

0 Response to "Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel