10+ Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Dan Saudara Keluarga Yang Baik Dan Benar

10+ Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Dan Saudara Keluarga - Kali ini kami akan menghadirkan dan membagikan beberapa tulisan contoh surat pribadi untuk anda, untuk sahabat yang berkeinginan mengirimkan suatu surat pribadi untuk saudara atau kakak yang jauh disana, mungkin anda perlu tahu bagaimana teknik membuat surat pribadi tersebut. Sahabat tidak usah bingung, simaklah penjelasan kami dibawah ini .


Surat merupakan sarana komunikasi untuk mengucapkan sebuah informasi tertulis untuk pihak lain. Dalam kehidupan keseharian ada 5 jenis surat yang tidak jarang kita gunakan, yakni surat dinas, surat niaga, surat lamaran kerja, dll.


Surat pribadi ini adalah sebuah surat yang dituliskan oleh individu tertentu yang ditujukan untuk pribadi tetentu. Dan isi suratnya tentang urusan pribadi. cara penulisannya tidak harus memakai bahasa yang formal, bahasanya gampang dimengerti oleh penerima dan yang paling penting menggunakan bahasa yang sopan.



Adapun rangkaian dalam penulisan surat pribadi di antaranya sebagai berikut:




  • Alamat surat,

  • Tanggal surat,

  • Pembuka,

  • Isi surat,

  • Penutup dan nama pengirim.


Contoh Surat Pribadi Kepada Kakak atau Saudara


Untuk lebih jelas mengenai surat pribadi untuk saudara, simak contoh-contoh dibawah ini:


Oh iya, hanya untuk pengetahuan kita sajaa baahwaa surat pribadi ini berbeda dengan surat-surat lainnya. Beberapa perbedaan antara surat pribadi dengan surat resmi. Berikut di antaranya :




  • Pengirim dan penerima


Perbedaan kesatu adalah pada pengirim dan penerima surat. Surat resmi biasanya berhubungan dengan suatu perusahaan atau instansi baik pendidikan, keuangan, sampai pemerintahan. Sedangkan surat pribadi seringkali digunakan oleh sesama saudara-saudara atau teman.




  • Kop surat


Jika pada surat resmi dibutuhkan adanya kop surat sebab sifatnya yang formal dan dikeluarkan atas nama instansi. Sedangkan maka pada surat pribadi anda tidak perlu memakai kop surat .




  • Nomor, perihal, lampiran


Seperti yang sudah kita kupas di atas, pengirim dan penerima suratindividu bukanlah suatu instansi atau perusahaan, sehingga anda tidak perlu memakai nomor surat, perihal, pun lampiran.




  • Bahasa


Perbedaan antara surat resmi dan surat pribadi ialah bahasa yang digunakan. Surat resmi selalu memakai bahasa baku sebab sifatnya yang formal. Sedangkan surat individu boleh memakai bahasa yang lebih lugas.


 

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Kandung Yang Baik Dan Benar I


Pati, 2 Januari 2018


Untuk Mas Jaka
Di Yunani


Salam kangen,
Gimana kabarmu di Yunani, Mas? Semoga selalu dalam lindungan-Nya. Alhamdulillah kami sekeluarga di sini baik-baik aja. Hanya saja setahun belakangan ini seperti ada yang kurang tanpa kehadiran Mas Jaka di rumah. Gimana dengan pendidikanmu di sana, Mas? Mama pingin tahu perkembangannya.


Aku kirim surat ini juga untuk memberi kabar sama Mas, akhir tahun ini mama dan papa akan berangkat umroh. Pasti bakalan sepi banget rumahnya cuma ada aku, Dharma, dan mbok Jah. Liburan akhir tahun ini Mas bisa pulang kah?


Oh ya, aku juga ingin minta pendapat Mas Jaka. Setelah lulus SMA nanti aku ingin kuliah di Jogja, menurut Mas gimana? Aku hanya sedikit bingung karena kalau aku kuliah di luar kota nantinya cuma ada mbok Jah dan Dharma yang menemani mama dan papa. Aku tunggu balasan suratmu, dan jangan lupa oleh-oleh dari Yunani pas pulang nanti. Hehehe…


Adik tercantikmu,


-----------------



Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Sepupu Yang Baik Dan Benar II


Yogyakarta, 2 Januari 2018


Buat Kak Putri
Di Malang


Assalamu alaikum…


Apa kabar, Kak? Semoga sehat selalu. Gak kerasa udah hampir 2 tahun kita gak pernah ketemu. Maklum karena Kakak pasti sibuk dengan pekerjaannya dan aku juga lagi sibuk sama kuliahku. Apalagi semester ini aku mulai ngerjain skripsi. Mohon doanya semoga cepat kelar dan bisa wisuda tahun ini.


Oh ya, ayah dan ibu titip salam buat Kak Putri. Mereka udah mulai kangen berat sama cucunya di Malang. Liburan akhir tahun ini rencananya kami mau main ke Malang. Nanti ajak aku ke Bromo ya, Kak. Udah itu aja, sampai jumpa akhir tahun nanti.


Wassalamu alaikum…


 

Adikmu,


--------



Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Yang Baik Dan Benar III


Solo, 24 April 2007


Buat
Kakakku Sonya tersayang
di Semarang


Kakakku Sonya yang cantik,
Bagaimana kabarmu di Semarang? Baik-baik saja, kan? Semoga Kakak selalu dalam lindungan Tuhan, begitu pula dengan keluarga di Solo. Kami sekeluarga baik-baik saja. Ayah dan Ibu titip salam sayang buat Kakak.


Kak, sebentar lagi Adik ujian, Adik mohon Kakak ikut mendoakan agar Adik dapat mengerjakan soal-soal ujian dengan baik. Ujian akan berlangsung sebulan lagi. Tentu saja Adik akan belajar dengan tekun dan penuh semangat. Adik juga ingin dapat kuliah dan menjadi mahasiswa berprestasi seperti Kakak.


Sekian dulu surat Adik. Lain waktu disambung lagi.


Salam hangat dari Adik.


Dari adikmu


------------



Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Yang Baik Dan Benar III


Kotaraja, 21 Maret 2007


Sahabatku,
Rina Damanyanti
Di Kotaraja


Salam persahabatan,
Hai, apa kabar? Bagaimana keadaanmu? Sehat dan bahagia bukan? Apakah kamu masih menanam bunga mawar? Aku ingin sekali bertemu kamu lho Rin? Kamu pasti tambah cantik, ya? Atau mungkin tambah gemuk?


Rina, sahabatku yang baik. Sejak kita berpisah, banyak hal yang terjadi di sini. Kota kita memang berkembang sangat pesat. Gedung yang dulu menjadi tempat pentas dan latihan drama itu sudah rata dengan tanah. Kini sudah muncul bangunan super mewah, sayang tempat itu hanya untuk belanja! Rasanya tak mungkin untuk berkesenian, apalagi untuk pentas drama.


Rin, sekian dulu, ya! Jangan lupa membalasnya. Kutunggu kabarmu! Sampaikan salamku untuk Ibu dan Bapak. Juga Mas Dodi. Terima kasih Rin ... sampai jumpa dalam liburan yang akan datang.


Sampai jumpa.


Sahabatmu,


-----------



Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Yang Baik Dan Benar III


 

Banjarmasin, 23 Juli 2007


Kepada Ayahanda dan Ibunda tersayang
di Semarang


Salam sejahtera,


Dengan ini Ananda kabarkan bahwa Rani dalam keadaan sehat walafiat. Ananda berharap semoga Ayahanda dan Ibunda juga demikian.


Ayahanda dan Ibunda yang baik,


Saat ini Rani memasuki hari-hari pertama masuk sekolah. Senang rasanya bisa bersahabat dengan teman-teman di Banjarmasin. Mereka ramah-ramah dan sangat bersahabat seperti halnya teman-teman di Jawa. Kekhawatiran Rani bahwa nanti Rani akan terkucil dari pergaulan ternyata tak terbukti. Meskipun berlainan suku, budaya, dan agama, kami bisa bergaul akrab dan terbuka. Rani bisa diterima di tengahtengah mereka seperti saudara. Sungguh menyenangkan.


Ayahanda dan Ibunda, selain mempunyai banyak sahabat di sekolah, Rani juga senang ikut keluarga Paman. Bibi sangat baik dan pengertian. Demikian juga dua keponakan Rani yang masih duduk di bangku SD. Kami selalu belajar bersama dengan ceria dan menyenangkan. Meskipun sibuk, Paman juga masih sempat meluangkan waktu untuk bercanda dengan kami. Paman memang kukenal sebagai pekerja ulet. Sebagian besar waktunya dicurahkan untuk membesarkan industri rumah tangganya di area yang cukup luas di belakang rumah. Pekerjanya sudah puluhan. Celana jeans yang diproduksinya cukup laris di pasaran.


Rasanya hanya itu yang bisa Rani kabarkan. Semoga, pada liburan semester yang akan datang Rani bisa pulang ke Jawa. Ananda sudah rindu pada Ayah, Ibu, Yuki, dan Anton, serta sahabat-sahabat di Jawa. Oh iya, bagaimana kabar Yuki dan Anton? Baik-baik saja, kan? Tolong, cubitkan pipi mereka untuk Rani.


Sekian dulu surat dari Ananda, mohon maaf jika ada kekurangan serta mohon doa restu agar Ananda bisa sukses dalam belajar. Terima kasih atas perhatian Ayahanda dan Ibunda.


Sembah sujud Ananda,


-----------


 

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Yang Baik Dan Benar V


Jakarta, 26 November 2016


Pamanku Ashrawi
Di Medan


Assalamualaikum paman bagaimana kabarnya? Mudah-mudahan baik-baik saja disana ya, kami sekeluarga disini Alhamdulillah baik-baik saja. Sudah lama kami tidak berkunjung ke rumah paman.


Paman, bagaimana keadaan tante Fitri dan bang Randa? Cukup lama tidak bertemu dengan mereka. Titip salam kangen ya buat tante dan bang Randa. Insya Allah liburan semester nanti saya akan bermain dan mengunjungi rumah paman. Semoga paman sekeluarga sehat selalu ya, kami disini mendoakan kalian.


Sekian dulu surat dari saya, kalau paman tidak sibuk mohon dibalas ya paman.


Keponakanmu yang bawel







Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Yang Baik Dan Benar VI


Bogor, 26 November 2016


Untuk Bundaku Yusi
Di Medan


Assalamualaikum bunda…
Apa kabar bunda sekeluarga? Saya di sini baik-baik saja. Sudah lama ya tidak bertemu bunda, kalau tidak salah terakhir kita ketemu lebaran tahun 2014 dulu ya bunda.


Bunda, saya benar-benar minta maaf karena tidak bisa menghadiri pesta adik Lika. Saya sedang sibuk dengan tugas di kantor yang begitu padat bunda. Tapi kado yang saya kirim kemarin bisa dianggap sebagai pengganti diri saya kan bunda? Hehe.


Oia bunda, lebaran 2017 ini saya berencana bermain ke medan sekalian mengunjungi bunda ya. Nanti setiba disana bunda harus menemani saya mengelilingi kota medan ya bun, sudah lama tidak melihat kota medan haha.


Sudah dulu ya bunda, sampaikan salam rinduku kepada semua, terutama kepada mas Ade, kangen jalan-jalan naik motor gede dia hehe. Semoga kita segera bertemu ya bunda. Kalau ada waktu tolong dibalas surat saya ya bunda.


Wassalamualaikum wr.wb


Ponakanmu yang Manis


-----------------------



Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Yang Baik Dan Benar VII


Bekasi, 26 November 2016


Untuk Mas Ade
Di Amerika Serikat


Assalamualaikum.
Apa kabarmu disana Mas? Semoga selalu dalam lindungan-Nya, Amiin. Alhamdulillah kami sekeluarga disini baik-baik saja dan tambah sehat semua, cuma ada satu yang kurang, yaitu keberadaanmu disisi kami Mas. Keluarga disini sudah rindu ringan sama kamu Mas, bukan rindu berat yach ahaha.


Tapi kehadiranmu sangat dinanti-nanti disini, karna mama sudah menyiapkan calon istri buat kamu Mas, sudah tidak sabar ingin ngenalin sama kamu Mas. Perempuan ini cantik loh Mas, aku yakin dech pasti Mas mau menerimanya.


Oh iya Mas, aku udah jadian loh sama cowok yang aku ceritain hari itu sama Mas, dia betul-betul baik, perhatian, setia, pokonya the best lah Mas ahaha. Tidak sabar lah menunggu Mas pulang, aku punya banyak cerita untuk Mas. Perlu Mas tau, adikmu makin hari makin cantik loh hahaha. segera kembali ya Mas, pesanan aku tuh jangan sampe lupa hehe.


Sudah dulu ya Mas, kami semua selalu mendoakan yang terbaik buatmu Mas. Aku tidak menunggu surat balasanmu Mas, yang kutunggu adalah kepulanganmu hehe.


Adikmu Paling Rewel


 

Mirna



Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Yang Baik Dan Benar VIII


Bogor, 1 Desember 2016


Untuk sepupuku tersayang
Di aceh


Assalamualaikum…
Hay Desi, syukur Alhamdulillah kabar aku disini baik-baik saja. Dan Alhamdulillah kabar kamu disana juga baik-baik saja kan. Kamu benar, sudah lama kita tidak bertemu, pasti dong aku bertambah cantik dan pintar, hihi. Rasanya sudah tidak sabar ingin bertemu denganmu. Kamu pasti sudah sangat cantik juga sekarang, aku yakin itu. Mengenai kehidupanku disini, aku sangat betah dan menyenangkan. Tapi, pada awalnya aku sangat sangat sulit beradaptasi dengan cuaca Bogor, pantas saja mereka menyebutnya dengan kota hujan karena hampir setiap hari hujan membasahi kota Bogor.


Aku juga sangat merindukanmu. Aku kangen dengan suasana di kampung dan semua keluarga di sana, bahkan aku semalam bermimpi kita sedang liburan bersama ke Bandung, shopping bersama, ah sangat menyenangkan, tapi itu cuma mimpi.


Oh iya, aku punya cerita bagus buatmu. Kalo aku sudah diterima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasiswa di jurusan pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris melalui jalur prestasi, aku berkompetisi dengan hampir 600 pendaftar dan aku sangat bersyukur menjadi salah satu peserta yang diterima. Jadi kamu harus termotivasi juga untuk melanjutkan study di Universitas King Abdul Azis yang kamu bilang ternama itu.


Yang penting, kamu harus belajar yang rajin dan jangan lupa berdoa selepas shalat lima waktu, berdoa kepada Allah supaya diberi kemudahan dalam menggapai impianmu ke tanah Cairo. Aku disini juga akan mendoakanmu. Semangat ya.


Aku kira cukup sampai di sini dulu ya, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya Amiin.


Wassalamualaikum…


Sepupumu


Ana Mirna



Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Yang Baik Dan Benar IX


Jakarta, 26 November 2016


Pamanku Ashrawi
Di Medan


Assalamualaikum paman bagaimana kabarnya? Mudah-mudahan baik-baik saja disana ya, kami sekeluarga disini Alhamdulillah baik-baik saja. Sudah lama kami tidak berkunjung ke rumah paman.


Paman, bagaimana keadaan tante Fitri dan bang Randa? Cukup lama tidak bertemu dengan mereka. Titip salam kangen ya buat tante dan bang Randa. Insya Allah liburan semester nanti saya akan bermain dan mengunjungi rumah paman. Semoga paman sekeluarga sehat selalu ya, kami disini mendoakan kalian.


Sekian dulu surat dari saya, kalau paman tidak sibuk mohon dibalas ya paman.


Keponakanmu yang bawel


Rini
Baca Juga:
-Contoh Surat Pesanan Barang Elektronik Yang Baik
-Contoh Desain Surat Undangan Pernikahan Yang Baik
-Pernyataan Kesiapan Mengikuti Tes Fisik Magang Yang Baik
-Contoh Surat Undangan Reuni Sekolah Yang Baik


Contoh Surat Pribadi Kepada Saudara 2


Bogor, 26 November 2016


Untuk Bundaku Yusi
Di Medan


Assalamualaikum bunda…
Apa kabar bunda sekeluarga? Saya di sini baik-baik saja. Sudah lama ya tidak bertemu bunda, kalau tidak salah terakhir kita ketemu lebaran tahun 2014 dulu ya bunda.


Bunda, saya benar-benar minta maaf karena tidak bisa menghadiri pesta adik Lika. Saya sedang sibuk dengan tugas di kantor yang begitu padat bunda. Tapi kado yang saya kirim kemarin bisa dianggap sebagai pengganti diri saya kan bunda? Hehe.


Oia bunda, lebaran 2017 ini saya berencana bermain ke medan sekalian mengunjungi bunda ya. Nanti setiba disana bunda harus menemani saya mengelilingi kota medan ya bun, sudah lama tidak melihat kota medan haha.


Sudah dulu ya bunda, sampaikan salam rinduku kepada semua, terutama kepada mas Ade, kangen jalan-jalan naik motor gede dia hehe. Semoga kita segera bertemu ya bunda. Kalau ada waktu tolong dibalas surat saya ya bunda.


Wassalamualaikum wr.wb


Ponakanmu yang Manis


Dheana



Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Yang Baik Dan Benar X


Bekasi, 26 November 2016


Untuk Mas Ade
Di Amerika Serikat


Assalamualaikum.
Apa kabarmu disana Mas? Semoga selalu dalam lindungan-Nya, Amiin. Alhamdulillah kami sekeluarga disini baik-baik saja dan tambah sehat semua, cuma ada satu yang kurang, yaitu keberadaanmu disisi kami Mas. Keluarga disini sudah rindu ringan sama kamu Mas, bukan rindu berat yach ahaha.


Tapi kehadiranmu sangat dinanti-nanti disini, karna mama sudah menyiapkan calon istri buat kamu Mas, sudah tidak sabar ingin ngenalin sama kamu Mas. Perempuan ini cantik loh Mas, aku yakin dech pasti Mas mau menerimanya.


Oh iya Mas, aku udah jadian loh sama cowok yang aku ceritain hari itu sama Mas, dia betul-betul baik, perhatian, setia, pokonya the best lah Mas ahaha. Tidak sabar lah menunggu Mas pulang, aku punya banyak cerita untuk Mas. Perlu Mas tau, adikmu makin hari makin cantik loh hahaha. segera kembali ya Mas, pesanan aku tuh jangan sampe lupa hehe.


Sudah dulu ya Mas, kami semua selalu mendoakan yang terbaik buatmu Mas. Aku tidak menunggu surat balasanmu Mas, yang kutunggu adalah kepulanganmu hehe.


Adikmu Paling Rewel


Mirna



Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Yang Baik Dan Benar XI


Bogor, 1 Desember 2016


Untuk sepupuku tersayang
Di aceh


Assalamualaikum…
Hay Desi, syukur Alhamdulillah kabar aku disini baik-baik saja. Dan Alhamdulillah kabar kamu disana juga baik-baik saja kan. Kamu benar, sudah lama kita tidak bertemu, pasti dong aku bertambah cantik dan pintar, hihi. Rasanya sudah tidak sabar ingin bertemu denganmu. Kamu pasti sudah sangat cantik juga sekarang, aku yakin itu. Mengenai kehidupanku disini, aku sangat betah dan menyenangkan. Tapi, pada awalnya aku sangat sangat sulit beradaptasi dengan cuaca Bogor, pantas saja mereka menyebutnya dengan kota hujan karena hampir setiap hari hujan membasahi kota Bogor.


Aku juga sangat merindukanmu. Aku kangen dengan suasana di kampung dan semua keluarga di sana, bahkan aku semalam bermimpi kita sedang liburan bersama ke Bandung, shopping bersama, ah sangat menyenangkan, tapi itu cuma mimpi.


Oh iya, aku punya cerita bagus buatmu. Kalo aku sudah diterima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasiswa di jurusan pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris melalui jalur prestasi, aku berkompetisi dengan hampir 600 pendaftar dan aku sangat bersyukur menjadi salah satu peserta yang diterima. Jadi kamu harus termotivasi juga untuk melanjutkan study di Universitas King Abdul Azis yang kamu bilang ternama itu.


Yang penting, kamu harus belajar yang rajin dan jangan lupa berdoa selepas shalat lima waktu, berdoa kepada Allah supaya diberi kemudahan dalam menggapai impianmu ke tanah Cairo. Aku disini juga akan mendoakanmu. Semangat ya.


Aku kira cukup sampai di sini dulu ya, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya Amiin.


Wassalamualaikum…


Sepupumu


Ana Mirna


 

Demikianlah beberapa contoh surat pribadi untuk kakak ataupun saudara, semoga bermanfaat bagi kaalian yang sedang membutuhkan surat ini. Jangan lupa share kepada teman-teman kalian agar semakin bermanfaat.

0 Response to "10+ Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Dan Saudara Keluarga Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel